Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia (Top 20 List)

Budiarto

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia


Indonesia dikenal sebagai negara yang penuh dengan kekayaan alam, termasuk air terjun. Karena itulah tidak heran jika negara ini memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang mempesona. Seperti halnya beberapa tempat wisata air terjun terindah yang akan saya jelaskan kali ini :

1. Air Terjun Saluopa - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Saluopa dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Air terjun terindah di indonesia yang pertama berada di desa Leboni, Poso dari kawasan sulawesi tengah. Keindahan alam ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dan bersumber pada mata air yang berasal dari puncak gunung. Di setiap tingkatannya terdapat sebuah tangga yang dibuat dari batu dan biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk mencapai tingkatan tertinggi. Kawasan wisata ini dikelilingi oleh hutan tropis yang juga dihuni berbagai macam jenis fauna.

2. Air terjun dua warna - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia


Kawasan wisata ini berada di sebuah Desa bernama Durin Sigurun, dari Sumatra Utara, sumber air yang dimilikinya berasal dari gunung sibayak. Tempat ini dinamakan dengan dua warna karena air yang terdapat di tempat tersebut memiliki gradasi untuk dua jenis warna yang berbeda yaitu warna biru muda serta putih keabu-abuan. Perbedaan warna tersebut berasal dari kandungan fosfor serta belerang yang terdapat di dalamnya.

3. Air terjun mursala - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Mursala dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Air terjun mursala termasuk dalam jenis keindahan alam yang cukup jarang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan air yang jatuh dari tebing langsung turun ke permukaan laut. Dari ketinggian 35 meter, air tersebut mengalir di bebatuan granit yang kemudian jatuh ke samudra hindia disertai suaranya yang bergemuruh. Ketika memasuki musim kemarau, air terjun yang satu ini juga tidak mengalami kekeringan sama sekali.

4. Air terjun moramo - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Moramo dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Lokasi dari tempat wisata yang satu ini berada di Desa sumber sari dari Sulawesi tenggara. Ketika mengunjungi lokasi tersebut Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari air yang meluncur pada batu granit dengan ukuran besar yang tersusun dalam jarak 0,5 sampai 3 meter, ia juga tampil dengan pemandangan  yang bertingkat tingkat dan terdiri dari 7 buah undakan.

5. Air terjun sendang gila - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia


Lombok selain dikenal dengan pantainya yang indah ia juga memiliki pemandangan dari sebuah air terjun. Objek wisata yang satu ini berada dalam kawasan taman nasional dari gunung rinjani  yang memiliki dua buah tingkatan. Tingkatan pertama muncul di bagian atas tebing. Sedangkan tingkatan kedua menjatuhkan air langsung pada kolam yang terdapat dibawahnya. Lokasi air terjun terindah di indonesia yang satu ini dipercaya sebagai tempat mandi yang digunakan bidadari ketika mereka di bumi.

6. Air terjun madakaripura - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Madakaripura dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Untuk lokasi wisata ini ia berada di kawasan taman nasional dari bromo atau tengger semeru. Kawasan ini dikenal dengan tebing yang mengelilinginya yang terdiri dari bukit-bukit, dan setiap bidang tebing tersebut meneteskan air sepert halnya hujan yang turun ke bagian bumi. Tempat yang satu ini dipercaya sebagai lokasi meditasi untuk patih gajah mada yang terakhir kali dalam masa hidupnya, karena itulah tempat ini dijadikan sebagai lokasi keramat atau suci oleh mereka yang beragama Hindu.

7. Air terjun payakumbuh - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Payakumbuh dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Bukan hanya dikenal sebagai air terjun terindah di indonesia saja, ia bahkan dikategorikan sebagai air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Hal ini terlihat melalui ketinggiannya yang berada sekitar 150 meter dari Ngarai harau, kemudian 35 meter lagi dari bukit tinggi. Ngarai harau adalah lembah yang dikelilingi dengan tebing dari batu granit yang memiliki tinggi hingga ratusan meter dan juga dihiasi oleh beberapa jenis dari curuk lainnya.

8. Air terjun benang kelambu - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Benang Kelambu dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Kawasan yang satu ini berada tepat di sebuah kaki gunung yaitu gunung rinjani. Air yang turun dalam kawasan wisata ini muncul dari sela-sela pohon gambung yang cukup rindang, sehingga air yang tercurah dari bagain atas pun menjadi lebih tipis dan terasa lebih lembut. Karena itulah ia dikenal dengan sebutan kelambu, danair yng jatuh pun tidak bising sehingga dibuatlah nama benang kelambu itu tadi.

9. Air terjun sipiso piso - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Sipiso Piso dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Kawasan air terjun terindah di indonesia ini berlokasi pada daerah perbukitan yang dikelilingi oleh hutan pinus. Untuk mencapai lokasi tersebut, para wisatawan diharuskan menelusuri sebuah jalur yang terdiri dari anak tangga di bagian punggung bukit. Perjalanan tersebut dapat menghabiskan waktu sekitar satu jam. Namun tentu saja perjalanan akan terbayar dengan  keindahan air terjun yang ditunjukkan olehnya.

10. Curug Cimahi - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Curug Cimahi dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Air Terjun (curug) Cimahi memiliki ketinggian 87 m, merupakan salah satu curug tertinggi di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Nama Curug Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang dan mengalir melewati Kota Cimahi. Curug ini berada pada ketinggian 1050 m di atas permukaan laut.

Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkatan dan termasuk salah satu air terjun yang unik. Sesuai namanya cimahi (air cukup - bahasa Sunda) debit air terjun Curug Cimahi hampir selalu sama, baik itu disaat musim hujan maupun musim kemarau, tapi bila dibandingkan dengan debit air di masa lalu debitnya saat ini telah jauh berkurang.

11. Gitgit Waterfall - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Gitgit Waterfall dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

GitGit Waterfall is the best and beautiful Waterfall in Bali islands, iya betul saudaraku air terjun GitGit berada di pulau Bali, Sebagian besar air terjun di Bali terletak di daerah Bali utara lebih tepatnya Kabupaten Buleleng termasuk air terjun Gitgit Buleleng Bal sendiri.

Dari Kuta Bali, jaraknya kurang lebih 80 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit dengan akses yang sangat mudah, karena air terjun Gitgit tidak terlalu jauh dengan jalan raya yang menghubungkan Denpasar, Bedugul dengan kota Singaraja (ibu kota Kabupaten Buleleng).

12. Air Terjun Sri Gethuk - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Air Terjun Sri Gethuk dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering. Air terjun gethuk sebenarnya berasal dari kata Kethuk salah satu jenis alat musik gamelan jawa. Namun lidah kita lebih mudah menyebut Gethuk. Konon katanya di seputar air terjun tersebut terdapat kerajaan jin. Pada hari dan saat tertentu di kerajaan tersebut sering diadakan latihan menabuh gamelan. Suara gamelan sangat nyaring bahkan sampai terdengar oleh warga desa Bleberan. Suatu ketika ada keributan di sekitar air terjun karena salah satu alat gamelan di negeri jin tersebut hilang. Gamelan yang hilang itu namanya Kethuk, Maka terkenallah air terjun tersebut dengan nama Air Terjun Sri Kethuk, yang kemudian kita sering melafalkan dengan sebutan Air Terjun Sri Gethuk. Lokasi ini oleh pemerintah desa dikembangkan menjadi lokasi wisata dan dibuka pada tahun 2007.

13. Grojogan Sewu waterfal - Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia

Daftar Air Terjun Terindah Di Indonesia
Grojogan Sewu dalam daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

Grojogan Sewu was the name of the waterfall that was in the slope of Mount Lawu Tawangmangu ..artinya !! Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu.

Grojogan Sewu artinya air terjun seribu, Kata sewu atau seribu asalnya adalah satuan jarak yang digunakan saat itu "pecak" . Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi di grojogan sewu tingginya sekitar 80 meter. air terjun yang lain tidak terlalu tinggi namun pancurannya meluas dan membentuk percabangan. Bila sedang musim hujan maka seluruh tebing akan dipenuhi air terjun, akan tetapi bila musim panas tiba akan ada banyak air terjun yang kering.

Demikian jalan jalan kita ke Air Terjun Terindah Di Indonesia, Update menyusul setelah anda memberikan komentar :D

By Indonesian


Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.