Candi Candi Di Indonesia Beserta Keterangannya

Budiarto

Candi Candi Di Indonesia Beserta Keterangannya - Apa itu candi? Candi adalah bangunan peribadatan Agama Budha dan Hindu pada zaman dahulu. Banyak sekali candi candi peninggalan nenek moyang kita di negara Indonesia tercinta ini, candi tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan para dewa yang diyakini oleh agama Hindu dan Budha. Tapi jangan salah' istilah candi tidak hanya dipakai untuk menyebut tempat ibadah Hindu – Buddha saja, banyak sekali bangunan / situs purbakala lain dari zaman dahulu juga disebut dengan sebutan "Candi". Bangunan tersebut bisa berupa pemandian / petirtaan, istana, gapura dll. Candi candi tersebut lah yang sekarang oleh masyarakat dijadikan tempat wisata dan dijadikan salah satu situs keajaiban dunia.

Candi candi di Indonesia sangat banyak dan beragam, juga tersebar di seluruh di Indonesia. Candi candi tersebut dirawat dengan baik agar tetap terawat dan indah karena candi candi ini digunakan untuk sebagai tempat tujuan wisata bagi para wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Beberapadiantaranya memiliki cerita dibalik pembuatan candi candi tersebut. Mulai dari candi prambanan, candi borobudur, candi gedong songo dan candi candi lainnya. Untuk itu dalam artikel ini, saya akan sedikit menjelaskan kepada anda beberapa candi candi di indonesia yang perlu anda ketahui.

Candi Borobudur Peninggalan nabi sulaiman "Katanya"

Candi Borobudur yang katanya Peninggalan nabi sulaiman

Katanya sih peninggalan nabi sulaiman "tapi itu cuma katanya". Terletak di daerah Magelang Jawa Tengah, Candi Borobudur ini menjadi tempat yang paling digemari untuk dikunjungi karena jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta hanya sekitar 20 km. Candi ini dibuat sekitar pada tahun 800 masehi/abad ke 9. Candi ini dibangun oleh masyarakat yang menganut agama Buddha dahulu pada masa Wangsa Syailendra. Bagi anda yang berada di sekitar Yogyakarta atau di sekitar Magelang, harus mengunjungi candi Borobudur ini.

Candi Kalasan Yogyakarta


Candi Kalasan di Yogyakarta

Candi ini terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di desa Kalibening Tirtamani, Kabupaten Sleman. Candi ini bisa juga disebut dengan candi Kalibening yang diberi nama sesuai dengan nama dari desa tersebut. Menurut ahli purbakala, candi ini sudah mengalami kurang lebih 3 kali pemugaran.

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang

Candi Prambanan Story of Roro Joggrang

Candi ini berada di desa Prambanan yang terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Kabupaten Sleman Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Menurut ahli benda purbakala, Candi Prambanan menjadi Candi Hindu yang terbesar dari seluruh candi di Indonesia, bahkan candi ini adalah candi terbesar se-asia tenggara. Candi Prambanan biasa disebut dengan Candi Roro Jonggrang dengan sejarah pembuatan candi ini yang pastinya semua orang mengetahuinya.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9

Candi ini terletak di kecamatan Bandungan Jawa Tengah yang didirikan pada tahun 1740. Bangunan candi candi ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Thomas menemukan candi ini sekitar 7 buah candi, yang akhirnya candi ini dinamakan Candi Gedong Pitu. Dan pada tahun 1908 – 1911 Van Stein Callfels melakukan sebuah penelitian di sekitar Candi Gedong Songo dan ternyata beliau menemukan 2 candi lagi yang akhirnya total dari Candi Gedong Songo berjumlah 9 bangunan. Dengan ditemukannya 2 candi tersebut, maka candi ini berubah nama yang tadinya Candi Gedong Pitu menjadi Candi Gedong Songo.

Candi Padas / Candi Gunung Kawi di Bali

Candi Padas / Candi Gunung Kawi di Bali

Candi Padas berada di sekitar sungai Pakerisan Desa Sebatu Kecamatan Tegalalang Provinsi Bali. Candi ini sangat terawat karena candi candi di Indonesia ini masih menjadi tempat ibadahnya umat Hindu di Provinsi Bali dari dulu hingga sekarang.

Candi Mendut Di Malang

Candi Mendut Terletak di Malang Jawa Timur
Candi ini lumayan dekat dengan Candi Borobudur hanya berjarak 3 km saja dari sana. Candi ini terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Malang Jaa Tengah. Candi ini candi umaty Buddha yang sangat penting keberadaannya di Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Masih banyak sekali candi candi di Indonesia yang harus anda ketahui untuk menabah wawasan serta referensi pengetahuan anda terhadap situs warisan dunia termasuk yang ada di Indonesia. Mungkin dari sebagian orang dari anda bisa mengunjungi salah satu candi candi di Indonesia sebagai tempat wisata liburan bersama keluarga agar pengetahuan anak anak anda juga bertambah dengan cara mengajaknya ke tempat bersejarah di Indonesia.

Saya berjanji akan memperbaiki dan terus mengupdate artikel bila anda berkomentar :D demikian sedikit cerita tentang candi candi di indonesia beserta keterangannya.

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.