Sejarah Internet Indonesia

Budiarto


Sejarah Internet di Indonesia
6 March,2015 In Lainnya | No Comments

Sejarah internet di Indonesia dimulai sejak awal tahun 1990an. Ketika itu, internet di negara Indonesia dikenal sebagai paguyuban network, di mana rasa kekeluargaan, gotong royong, dan semangat kerjasama begitu hangat dan berasa di antara semua pelakunya. Agak terasa berbeda dengan saat ketika internet Indonesia sudah berkembang dan terasa komersial serta individual di beberapa aktivitasnya, khususnya saat ketika perdagangan internet terlibat. Sejak tahun 1988, ada pengguna internet di negara Indonesia yang memanfaatkan Compuserve (Amerika Serikat) dan CIX (Inggris) untuk proses akses internet.

Sejarah Internet di Indonesia

Awal Masuknya Internet Indonesia

Catatan APNIC dan ARIN menyebutkan bahwa protokol internet atau IP yang pertama berasal dari Indonesia, ialah UI-NETLAB yang didaftarkan oleh UI di tanggal 24 Juni tahun 1988. Beberapa nama legendaris yang berhubungan dengan pembangunan awal internet Indonesia di tahun 1992 sampai 1994 ialah Onno W.Purbo, Adi Indrayanto, Firman Siregar, Putu, Robby Soebiakto, Muhammad Ihsan, Suryono Adisoemarta, dan RMS Ibrahim. Masing-masing dari mereka sudah mengkontribusikan dedikasi serta keahliannya dalam pembangunan cuplikan sejarah mengenai jaringan komputer di negara Indonesia. Berbagai tulisan mengenai keberadaan jaringan internet tersebut bisa dilihat dalam beberapa artikel pada beberapa media cetak, salah satunya KOMPAS pada November 1990. Selain itu juga pada majalah milik Himpunan Mahasiswa jurusan Elektro kampus ITB di tahun 1989.

Internet Service Provider Indonesia

Sekitar 1994 sudah beroperasi IndoNet dengan seorang pemimpin bernama Sanjaya. IndoNet adalah ISP komersial yang pertama di Indonesia. Pihak POSTEL di kala itu belum mengetahui celah bisnis internet serta masih sedikit pengguna Internet di negara Indonesia. Sambungan ke internet, awalnya dilakukan IndoNet menggunakan dial up, sebuah langkah yang dinilai tergolong nekat. Lokasinya sendiri di komplek dosen Universitas Indonesia, daerah Rawamangun, kebetulan, orang tua Sanjaya merupakan dosen di sana. Awalnya, akses IndoNet memanfaatkan kode teks dan sheel account, browser lynx dengan email client pine, dan juga chatting dengan conference di server AIX. Melalui Departemen Pos Telekomunikasi, pemerintah Indonesia, di tahun 1995 menerbitkan izinnya untuk ISP pada IndoNet dengan Sanjaya sebagai pemimpinnya dan Radnet sebagai pemimpin BRM.

Perkembangan sejarah internet di Indonesia yang terakhir untuk perlu diperhitungkan ialah trend menuju e-commerce serta warung internet, semuanya itu mampu menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih solid dengan perkembangan informasi.

Cuplikan Perjuangan Internet Indonesia dan IT

Catatan dan cuplikan mengenai sejarah internet di Indonesia bisa dibaca pada WikiBook Sejarah Internet Indonesia yang menyebutkan bahwa internet banyak manfaatnya. Seperti misalnya bermanfaat untuk perkembangan informasi, memuat artikel yang edukatif, serta beberapa manfaat lainnya.

Itulah sejarah  internet di negara Indonesia. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, dan sampai jumpa.

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.