Sejarah Ekonomi Indonesia

Budiarto


Sejarah Perekonomian Indonesia
12 February,2015 In Lainnya | No Comments

Kali ini saya akan membahas mengenai sejarah perekonomian Indonesia yang awal mulanya terjadi karena adanya armada milik Belanda dengan Cornelis de Houtman sebagai pemimpinnya, datang ke Banten pada tahun 1596. Lalu di tahun 1602 terbentuklah VOC yang menjalankan bisnis monopoli perdagangan rempah. VOC memiliki hak untuk mencetak uang, membangun kekuatan militer, dan membuat kontrak. Karena kegagalannya dalam mengatasi masalah krisis keuangan, VOC pun bubar di tahun 1799.

Sejarah Perekonomian Indonesia

Sejarah Singkat Perekonomian Indonesia

Saya akan memberi informasi mengenai sejarah perekonomian Indonesia mulai dari zaman kolonial hingga zaman reformasi :

    Zaman Kolonial

Culturstelsel dilaksanakan pada masa ini, tepatnya di tahun 1830 hingga 1870 di mana hal tersebut merupakan sistem tanam paksa dari perkebunan milik negara dengan mobilisasi peternakan serta lahan pertanian dan tenaga kerja gratis. Kala itu, tebu, tembakau, teh, dan kopi menjadi yang paling banyak dimintai oleh pasar dunia. Sistem inipun berakhir di tahun 1870.

    Penajajahan Jepang

Di tahun 1942 tepatnya pada tanggal 8 Maret, Kalimantan didatangi oleh Jepang demi mendapatkan sumber minyak mentah. Di tahun 1942, tepatnya tanggal 9 Maret, Jepang membuat Belanda menyerah.

    Kemerdekaan

Pada tahun 1944 tepatnya tanggal 7 September, dilaksanakanlah persiapan Indonesia merdeka.

    BPUPKI yang dibentuk Jend. Kumakici Harada, BPUPKI bertugas untuk menyusun dasar negara serta UUD
    Pada tahun 1945 tepatnya pada tanggal 10 Juli panitia BPUPKI mencapai keberhasilan dalam merumuskan dasar negara serta membahas perumusan UUD
    Pada tahun 1945 tepatnya tanggal 11 Jili, panitia yang merancang UUD bersepakat untuk menjadikan Piagam Jakarta untuk pembukaan UUD
    Pada tahun 1945 tepatnya pada tanggal 14 Juli, panitia kecil BPUPKI yang dipimpin oleh Supomo melaporkan hasil dari Panitia Perancang UUD

    Orde Lama

Di awal zaman kemerdekaan Indonesia atau pemerintahan orde baru mulai dihadapkan dengan beberapa permasalahan ekonomi. Salah satunya ialah hiperinflasi yang disebabkan peredaran uang yang tak terkendali. Untuk mengatasi hal tersebut terbitlah Perpu yang mengecilkan atau memotong nilai mata uang sehingga menjadi 1/10. Inflasi mencapai 3 digit terjadi meskipun saat periode 1959 hingga 1965 pemerintah sudah mengeluarkan banyak anggaran untuk proyek yang disebut ‘nasionalisme’.

    Orde Baru

Masih ada masalah sebagai akibat warisan dari orde lama yaitu hutang yang besarnya mencapai US$ 530 juta. Terjadi lagi inflasi sebesar 650%, harga bahan pokok seperti beras naik 900%. Langkah pertama yang dilakukan oleh tim ekonomi Orba adalam menurunkan defisit anggaran, caranya dengan menurunkan pengeluaran pemerintah serta kembali menjalin hubungan dengan berbagai lembaga donor Internasional, seperti Bank Dunia dan IMF.

    Reformasi

Di bulan Agustus pada tahun 1998, IMF dan Indonesia menyetujui adanya program pinjaman dana oleh presiden B.J. Habibie. Program tersebut diperpanjang oleh presiden yang kemudian terpilih di tahun 1999, Presiden Gus Dur. Di tahun 2010 perekonomian Indonesia sangat stabil serta bertumbuh dengan pesat. Bisa dipastikan PDB melebihi Rp 6300 triliun yang mengalami peningkatan 100 kali lipat dari PDB di tahun 1980.

Itulah sejarah perekonomian Indonesia secara singkat, semoga bisa menambah wawasan anda terimakasih.

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.