Pulau Terbesar di Indonesia dan Dunia

Budiarto

Jumlah Pulau di Indonesia adalah 17.504 pulau, dan dari jumlah tersebut 5 daiantaranya (yaitu pulau terbesar di Indonesia) termasuk dalam daftar 15 pulau terbesar di dunia meliputi pulau papua, pulau kalimantan, pulau sumatera, pulau jawa, dan pulau sulawesi.

pulau terbesar di indonesia dan dunia
Ilustrasi gambar pulau di Indonesia

15 pulau terbesar di dunia


Pulau terbesar di dunia - Pulau adalah sebidang tanah yang luas / ukurannya lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang atau gugusan karang dan dikelilingi air laut. Kumpulan beberapa pulau dinamakan kepulauan atau dalam istilah asing disebut archipelago. Pulau terbesar di dunia yaitu greenland dengan luas daratan mencapai 2.175.600 KM2 yang merupakan bagian wilayah negara Denmark.

daftar pulau terbesar di indonesia dan dunia
Daftar Pulau Terbesar di Dunia

Greenland pulau terbesar di dunia 2.175.600 KM2
Greenland Pulau Terbesar di Dunia dengan Luas 2.175.600 KM2

Pulau Terbesar Kedua di Dunia / Pulau Terbesar di Indonesia


Pulau terbesar kedua di dunia yaitu pulau papua dengan luas daratan 785.753 atau 3 / 8 (Tiga banding delapan) bila dibandingkan dengan greenland (pulau terbesar di dunia). Pulau papua sebagai pulau terbesar di Indonesia terbagi menjadi dua teritorial antara Negara Indonesia dan Negara Papua Newguinea.

papua nomer 2 pulau terbesar di dunia dan nomer 1 pulau terbesar di Indonesia
Papua pulau terbesar di Indonesia menduduki peringkat 2 pulau terbesar di Dunia

Pulau Terbesar Ketiga di Dunia / Pulau Terbesar Kedua di Indonesia


Pulau terbesar ketiga di dunia yang merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia adalah pulau kalimantan, Wilayah pulau kalimantan dengan luas 743.330 KM2 merupakan wilayah teritorial 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

pulau kalimantan peringkat kedua pulau terbesar di Indonesia
Kalimantan Pulau Terbesar kedua di Indonesia merupakan Pulau Terbesar ketiga di Dunia

Pulau Terbesar Keenam di Dunia / Pulau Terbesar Ketiga di Indonesia


Pulau Sumatera dengan luas 473.481 KM2 merupakan peringkat keenam pulau terbesar di dunia dan nomor 3 pulau terbesar di Indonesia, nama Sumatera sebenarnya berasal dari kesalahan penyebutan nama oleh penjelajah asal maroko (ibnu Bathutha) saat hendak menyebut Samudera "Samudera Pasai". Kesalahan penyebutan nama tersebut terus berlanjut karena terlanjur tercatat dalam peta penjelajah abad ke 16.

sumatera nomor 3 pulau terbesar di Indonesia
Sumatera nomer 3 Pulau terbesar di Indonesia terbesar ke 6 Dunia

Pulau Terbesar Kesebelas di Dunia / Pulau Terbesar Keempat di Indonesia


Sulawesi yang merupakan pulau karang jaman purba menempati peringkat ke sebelas pulau terbesar di dunia dan peringkat ke empat pulau terbesar di Indonesia dengan luas daratam, mencapai 174.600 KM2. Terdapat banyak palung dalam disekitar kepulauan sulawesi, pantai yang curam membuat air laut di pulau sulawesi sangat jernih hingg ke tepian sehingga menyimpan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sehingga sangat cocok menjadi objek tujuan wisata.

sulawesi nomer 4 pulau terbesar di Indonesia
Pulau Sulawesi nomer 4 Pulau Terbesar di Indonesia sekaligus peringkat 11Pulau Terbesar di Dunia

Pulau Terbesar Ketigabelas di Dunia / Pulau Terbesar Kelima di Indonesia


Pulau jawa yang merupakan pusat peradaban moderen di Indonesia merupakan rangking ke tiga belas pulau terbesar di dunia dan menempati urutan kelima pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini memiliki sejarah yang panjang dalam perkembangan nusantara karena lokasinya yang sangat strategis.

Pulau jawa 5 Pulau Terbesar di Indonesia
Pulau Jawa Peringkat 5 Pulau Terbesar di Indonesia Peringkat 13 di Dunia

Kekayaan Alam dua Pulau Terbesar di Indonesia


Membawa predikat sebagai dua pulau terbesar di Indonesia papua dan kalimantan menyimpan banyak sekali keanekaragaman hayati dan kekayaan sumber daya alam bila dibandingkan dengan pulau pulau lain, beberapa diantaranya adalah :

Kekayaan Papua Sebagai Pulau Terbesar di Indonesia

Mamburuk papua hewan endemik papua pulau terbesar Indonesia
Mamburuk Victoria Binatang khas Pulau Papua

Mambruk Victoria atau yang lebih dikenal dalam bahasa ilmiahnya dengan sebutan Goura Victoria merupakan jenis burung yang termasuk kedalam suku burung Colombidae. Burung ini adalah salah satu dari tiga burung dara mahkota dan merupakan spesies paling besar diantara jenis buurung merpati lainnya.

Cendrawasih burung endemik pulau terbesar di Indonesia Papua
Cendrawasih Burung Endemik Pulau Terbesar di Indonesia Papua

Pulau Papua Habitat Perkawinan Hiu Paus
Pulau Papua Habitat Perkawinan Hiu Paus

Raja Ampat Keindahan Alam Pulau terbesar di Indonesia
Raja Ampat Keindahan Alam dari Pulau terbesar di Indonesia

Freeport Papua Indonesia
Freeport Tambang Terbesar Indonesia di tanah Papua

Kekayaan Pulau Kalimantan


Kalimantan sebagain Nomor 2 pulau terbesar di Indonesia menyimpan eksotisme yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Pulau Papua, banyak hewan endemik yang ada di kalimantan tidak ada pada daerah lain, berikut ini beberapa ilustrasi gambar kekayaan alam pulau terbesar kedua di Indonesia :

Spesies endemik pulau terbesar di Indonesia
Bekantan Spesies endemik Pulau Kalimantan

Orang Utan Spesies Endemik Pulau Terbesar di Indonesia
Orang Utan Hewan Endemik Pulau Kalimantan

Pemandangan Indah Hutan Pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan Menyimpan Kekayaan Alam yang Luar Biasa Indah

Kekayaan Pulau Terbesar di Indonesia Kalimantan
Kekayaan Tambang Batubara di Pulau Kalimantan

Cagar Budaya Pulau Kalimantan
Cagar Budaya Pulau Kalimantan

Dari jumlah pulau Indonesia sebanyak 17.504 pulau, 5 diantaranya merupakan pulau terbesar di Dunia. Pulau pulau di Indonesia baik itu besar maupun kecil menyimpan keindahan dan keragaman yang luar biasa, sepatutnya kita sebagai generasi muda dapat menjaga kekayaan alam yang telah dianugerahkan kepada Indonesia, agar kelak anak cucu masih dapat merasakan anugerah ini.

Demikian artikel tentang Pulau Terbesar di Indonesia, silahkan bagikan ke teman sanak dan saudara dengan mengklik tombol media sosial dibawah, sampai jumpa.

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.