20 Tempat Wisata Di Jawa Tengah - Top List

Budiarto

Ini Dia Tempat Wisata Di Jawa Tengah
Jawa tengah merupakan provonsi yang terdapat di bagian tengah dari pulau jawa. Dengan lokasi yang berada di tengah-tengah antara dua provinsi lainnya, yaitu jawa barat serta jawa timur, seringkali membuat provinsi yang satu ini dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh. Namun selain dikenal sebagai tempat beristirahat. Ternyata jawa tengah juga dikenal dengan beberapa tempat wisata di jawa tengah. Ingin tau mana sajakah lokasi dari tempat wisata jawa tengah tersebut? Simaklah penjelasannya berikut ini :

1. Dieng
Dieng adalah sebuah dataran tinggi yang berlokasi di kawasan gunung berapi. Ia juga memiliki candi hindu serta beberapa jenis kawah yang berada di sekelilingnya. Karena berada di ketinggian 2.000 meter, lokasi dari dataran tinggi yang satu ini memiliki suhu dingin tinggi. Untuk siang hari suhu berada dalam kisaran 15 derajat celsius, sedangkan pada waktu malam hari suhu menurun hingga 10 derajat celsius.

2. Guci atau taman air panas
Tempat wisata di jawa tengah ini memiliki jarak 40 km dari kawasan tegal atau 30 km dari kawasan slawi. Lokasi taman air ini berada di bawah Gunung Slamet, ia dipercaya sebagai lokasi dengan air yang dapat menyembuhkan macam-macam jenis penyakit. Selain dikenal dengan fasilitas berupa kolam renang, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lainnya seperti penginapan, area perkemahan, bahkan beberapa lapangan untuk kegiatan olahraga seperti lapangan tenis atau bahkan sepak bola.

3. Karimunjawa
Lokasi ini berada di bagian utara dari jepara serta semarang, ia merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau dengan 5 bagian pulau yang berpenghuni. Karimunjawa menjadi tempat wisata di jawa tengah yang terkenal dengan keindahan alamnya, utamanya kawasan pantai serta laut yang dijadikan sebagai kawasan wisata jawa tengah yang populer diantara para wisatawan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi tersebut, maka biasakanlah untuk memperhatikan jadwal dari keberangkatan kapal yang hendak digunakan.

4. Candi borobudur
Candi borobudur termasuk kawasan wisata jawa tengah yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ada di dunia. Hal ini berkaitan dengan bentuk candi budha terbesar yang ada di dunia, karena itulah banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya. Lokasi candi borobudur berada dalam jarak 40 km dari sebelah barat  laut bagian kota yogyakarta. Sebagai candi budha terbesar, ia juga menyimpan berbagai macam bentuk relief budha yang paling lengkap. Tempat ini dibangun pada tahun 770 masehi dan digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat budha,

5. Musium kereta api
Ambarawa adalah sebuah musium kerata api yang juga berlokasi di kota ambarawa. Sebelum digunakan sebagai musium, lokasi yang satu ini mulanya adalah sebuah stasiun kereta api yang tentu saja berjaya di masa lalu. Namun untuk saat ini lokasi tersebut digunakan sebagai musium yang menyimpan berbagai macam koleksi unik serta antik dari kereta api. Di musium tersebut terdapat sekitar 21 bagian kereta api uap, telepon antik, alat dari tegraf mouse, serta berbagai macam barang antik lainnya. Musium yang dijadikan sebagai tempat wisata di jawa tengah ini bahkan memiliki koleksi berupa kereta uap yang bergerigi dan hanya terdapat 3 buah saja di dunia.

6. Pantai marina
Pantai marina yang ada di kota Semarang ini dijadikan sebagai tempat wisata jawa tengah yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Hal ini berkaitan dengan jaraknya yang memang hanya berada dalam hitungan beberapa ratus meter saja dari kawasan bandara internasional di semarang, yaitu bandara Ahmad Yani. Di lokasi wista tersebut Anda dapat melakukan aktifitas memancing, bermain perahu, berenang, hingga bermain dan jalan-jalan menyusuri kebun dari buah naga.

7. Puri Maerokoco
Tempat wisata jawa tengah yang satu ini merupakan taman mini yang dimiliki oleh jawa tengah, dan lokasinya berada di semarang. Tempat ini sudah banyak mengalami perubahan hingga kini ia memiliki nilai edukasi dan bahkan budaya, hingga banyak diantaranya orang tua yang justru sengaja membawa anak mereka menuju kawasan yang satu ini. Selain menampilkan berbagai macam rumah adat dari jawa tengah. Mengunjungi lokasi ini juga dianggap sebagai cara mudah dan praktis untuk mengelilingi jawa tengah.

Demikianlah beberapa tempat wisata di jawa tengah yang dapat penulis jelaskan kali ini.





Sisanya menyusul boleh toh :D

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.