Pindahan Karena Mutasi Pindah Tugas, Apa Persiapannya?

Budiarto

Pindahan ke Kota Lain Karena Mutasi (Apa yang Harus Disiapkan?) - Menerima SK Mutasi baik itu kenaikan jabatan maupun mutasi reguler yang menyebabkan kita harus pindah kota tempat tinggal membutuhkan persiapan yang cukup matang, khususnya bila pegawai yang menerima SK mutasi tersebut telah berkeluarga.


Baru baru ini saya mengalaminya tepatnya tanggal 4 April 2016 yang lalu, kisah mutasi saya saat itu cukup kompleks, pindah kota dari Luwuk Banggai Sulawesi Tengah ke tempat kedudukan baru di Bojonegoro Jawa Timur (antar kota antar propinsi menyeberang laut ditemani 1 orang istri dan 3 anak kembar berusia 1 tahun 9 bulan) komplit sekali? jadi sebelum saya lupa dan bila suatu saat nanti anda mengalami hal serupa, semoga artikel ini dapat membantu anda dan keluarga pindah ke tempat baru dengan aman nyaman dan sukses.

Bila anda adalah seorang yang memiliki dana simpanan yang cukup maka sebenarnya tidak akan ada masalah pindahan, tapi bila anda adalah seorang pegawai yang paspasan seperti saya maka perlu sedikit upaya, tenaga, strategi dan menajemen yang tersusun rapi agar semua bisa di boyong ke kota tempat kerja yang baru tanpa hambatan.

Surat Tugas Mutasi Pindah (SK Mutasi)

Saat tugas memmanggil maka sebagai abdi negara kita mau tidak mau harus mematuhinya, pegawai pajak , TNI, POLRI, Kehakiman, Kesehatan semua sama, saat SK mutasi ditangan ada uang atau tidak, mau atau tidak, pada hari H anda sudah harus pindah dan berada di tempat kerja yang baru. tentunya anda masih ingat dengan beberapa frase ini kan?
dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa apabila saya diterima menjadi .... , saya bersedia ditempatkan dan bekerja dimana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia .... , bersedia diberhentikan dengan tidak hormat da atau menerima sanksi disiplin .... dst
Nha surat inilah yang membawa saya akhirnya harus angkat kaki dari tempat kerja lama di pulau sulawesi dan bekerja di tempat kedudukan baru di Bojonegoro :

SK Mutasi Keputusan Direktur Jenderal Pajak No Kep-37/PJ/2016 Pemindahan Para Pejabat Fungsional Pemeriksa Pajak

Kapan terbitnya SK Mutasi? hanya Tuhan dan pejabat yang diatas yang tau, apakah ada nama anda didalamnya? hanya bisa diketahui setelah surat pusaka tersebut terbit... Jadi? SK Mutasi tidak pandang bulu apakah anda siap dimutasikan atau tidak, anda punya uang atau tidak, dan anda tau tentang daerah yang baru atau tidak. Hanya Tuhan dan pembuat SK Mutasi yang tau alasannya.

Saat SK itu datang, bersyukurlah karena ternyata anda masih dikenali sebagai bagian organisasi dan kota yang baru memang membutuhkan anda, dan bila tempat yang dituju tidak sesuai harapan, maka bersabarlah.... karena tidak ada pilihan lain :D

A. Persiapan Pindah

Apa saja hal hal yang perlu anda persiapkan menjelang kepindahan anda ke kota lain yang barangkali belum anda kenal* te baku maso bahasa (ga ngerti bahasanya)* te ada teman deng keluarga (ga punya teman dan sanak famili disana)* depe makanan balaen (makanannya serasa asing)* adat kebiasaan yang berbeda * dan seribu satu sesuatu hal lain yang mungkin belum pernah anda alami #. berikut ini listnya (bisa berbeda sesuai keadaan) :
  1. List Dokumen Penting
  2. List Barang yang akan dihibah dan dilelang
  3. List Barang Yang Hendak dibawa pindahan
  4. List barang yang akan dikirim
  5. List Barang yang akan di tinggal (Aktiva / Aset)
  6. Cek Saldo dan buat Anggaran Pindah
  7. List Teman / Cari Kenalan Baru / Menghubungi Kota Tujuan
Daftar tersebut harus benar benar anda buat, dicatat dalam kertas dan diurutkan berdasarkan skala prioritas menurut pandangan anda sendiri.

1. List Dokumen Penting

Dokumen dokumen di bawah ini harus benar benar anda siapkan dengan baik (yang dicetak tebal warna biru) jangan sampai setibanya pindahan di kota baru anda mengalami kesulitan karena beberapa dokumen yang tidak lengkap, baru baru ini saya mengalaminya kejadiannya pun sangat membuat saya gregetan, tapi kesalahan sebenarnya ada pada saya sendiri karena kurangnya antisipasi.

Alkisah undangan pelantikan saya adalah tanggal 4 April 2016 di Surabaya sedangkan saya berkantor di Bojonegoro (otomatis tanggal 4 april saya terhitung tugas luar karena saya pergi ke surabaya untuk menghadiri pelantikan), tanggal 5 April 2016 saya mulai masuk di kantor baru di Bojonegoro namun apa yang terjadi?

Petugas absen kepegawaian di kantor baru tidak mau mengakui bahwa di tanggal 4 April 2016 saya melakukan tugas tanpa adanya SURAT TUGAS PELANTIKAN dari kantor lama, memang ketentuannya seperti itu pak kata petugas yang bersangkutan, kecuali bapak minta petugas kantor lama untuk membuat surat tugas bertanggal mundur untuk kegiatan tanggal 4 april maka tetap pada tanggal tersebut anda akan divonis ALPHA.

Ini orang apa batu sih? ga punya hati" dalam hati saya, sudah jelas jelas ada SK Mutasi, Ada Lampirannya, Ada Undangan pelantikannya, saya pun menandatangani berita acara pelantikan secara defacto. kan memang di hari dan tanggal itu saya melakukan tugas, kamu ga tau saya ini pindah bawa istri bawa tiga orang bayi, bawa barang seabrek, naik bus, turun naik pesawat di luwuk, makassar, surabaya entah berapa kali bersama perlengkapan bayi, lari kesana kemari ditinggalin bus bandara, nae bus antar propinsi, pontang panting cari kontrakan, cari kendaraan, dan entah berapa uang yang saya telah habiskan untuk urusan mutasi ini.

Tapi sebenarnya siapa yang salah? ya kita sendiri yang salah, coba kalau kita siapkan semuanya sebelumnya, tentu hal seperti itu tidak akan terjadi. Memangnya kantornya bapakmu, cuma ngurusi perutmu? banyak yang harus diurus bukan cuma kamu :D ..... kalau ketentuannya sudah begitu ya memang begitu, jangan banyak tingkah hahahaha.... :D, belajar dari kejadian pindahan saya inilah list dokumen yang harus anda buat :


Dokumen Mutasi
Cetak SK Mutasi beserta lampirannya, Cetak surat tugas pelantikan (bisa minta ke bagian kepegawaian kantor lama), Cetak SPD pelantikan (minta dibuatkan oleh bagian kepegawaian kantor lama), Cetak Undangan Pelantikan, Buat permohonan SPD Pindah atau pesangon pindah (kirim ke kantor pusat dimana anda bekerja) dan dokumen lain yang diperlukan "disesuaikan dengan instansi masing masing"

Dokumen Kepegawaian dan Dosir
Rapikan ruangan tempat anda bekerja, sortir dokumen satu persatu jangan sampai ada dokumen penting yang terlewat, Hubungi bagian kepegawaian untuk meneliti apakah berkas kepegawaian dalam internal server seluruhnya telah terisi dan benar adanya, bila belum segera dilengkapi (daftar keluarga yang menjadi tanggungan, laporan laporan internal)

Dosir kepegaiwaian dibawa pindah
Dosir yang berada di kantor lama sebaiknya anda bawa serta tentunya dengan seijin bagian kepegawaian dan disertai surat pengantar. Kenapa membawa sendiri dokumen dosir kepegawaian? menghindari resiko hilang bila dikirim melalui pos.

Dokumen Kependudukan
Surat Pengantar mutasi data kependudukan dan kelengkapannya (untuk mutasi KTP dan kartu keluarga) kenapa tidak nanti saja? silahkan coba ke dealer untuk kredit motor atau mobil kalau bisa pake KTP kota yang lama :D
Mutasi data kependudukan untuk pindah KTP

Dokumen Kepolisian
Minta surat pengantar mutasi SIM di polres setempat untuk daerah yang belum terjangkau dengan pelayanan sim online (SIM tidak bisa diperpanjang tanpa dokumen tersebut bila daerahnya belum terjangkau oleh SIM Online harus pulang kampung lagi - repot kan)

Dokumen Perbankan
Bukan PNS namanya kalo SKnya ga sekolah kan :D .. jadi untuk anda yang SKnya disekolahkan ke di bank, baiknya sebelum pindahan anda beritahukan kepindahan anda ke bagian kredit Bank yang bersangkutan agar tempat sekolah SK dipindahkan ke Cabang Bank di kota baru anda. Kadang kita diminta serta membawakan berkas lama kita untuk diserahkan di cabank Bank kota domisili baru.

Jangan lupa rubah alamat pada dokumen kartu kredit kalau ada.

Surat Berharga
Surat berharga seperti surat sertipikat tanah, rumah,  segera diurus kelengkapannya agar saat anda tinggalkan properti tidak ada pihak yang menjahati  :D

2. List Barang yang akan dihibah dan dilelang

Tidak mungkin untuk memindahkan semua barang ke kota domisili baru kan? jadi another option adalah menjual barang yang memiliki nilai jual seperti kulkas, TV, Motor, Sepeda, Kasur, Karpet, dan lebih menguntungkan bila anda menjualnya satu paket, bisa diiklankan di koran daerah atau dari mulut ke mulut teman dan tetangga.

Baju bekas dihibahkan saja jangan dibawa pindah semua, apalagi dijual
Barang tertentu yang tidak memiliki nilai jual atau nilai jualnya tidak begitu bagus dapat dihibahkan daripada susah susah dibawa pindah. Barang barang yang lebih baik dihibahkan daripada dibawa pindah contohnya adalah baju bekas, mainan anak anak, kelambu, seprei, kandang ayam, piring dll . Satpam kantor dan honorer kantor bisa jadi sasaran donasi anda.

3. List Barang yang akan dibawa serta pindahan

Barang barang anda yang akan dibawa serta pindahan ke kota baru terbagi atas 2 kelompok, yaitu barang yang akan dibawa serta bersama dengan anda dan barang yang akan dibawa pindah dengan cara dipaketkan / kirim via jasa paket pindah.

Barang yang akan dibawa serta bepergian
Usahakan barang yang akan anda bawa serta tidak terlalu banyak karena akan merepotkan, yang perlu anda perhatikan adalah barang yang dibawa haruslah barang prioritas yang diperlukan segera contohnya : Dokumen kepegawaian, pakaian untuk satu minggu, cadangan makanan (barangkali belum terbiasa...agar serasa masih belum pindah), keperluan anak anak seperti susu pempers untuk 1 hari. Yang Penting saja kalau barang tersebut sifatnya agak penting jangan dibawa (bagasi pesawat per orang hanya 20 kg)
Bawa barang yang penting dan seperlunya saat pindahan

Barang yang akan dipaketkan
Bila anda merasa bahwa paket itu mahal, maka anda salah besar, pengalaman saya pindahan kemaren hampir seisi rumah saya paketkan --> 150 Kg dan alhamdulillah biaya pengirimannya hanya sekitar 1,5 juta, saya lupa jumlah pastinya tapi kira kira 10.000 / kg

Jasa Paket Pindah dan Pengiriman Barang 

Untuk bapak ibu yang pindahan dan bermaksud membawa banyak barang jangan kuatir, tidak perlu panik menjual semua barang yang ujung ujungnya menambah biaya, gunakan jasa paket pindah.. caranya cukup buka browser dan ketik jasa paket pindahan dijamin banyak pihak yang menyediakan jasa seperti itu, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan bapak / ibu.

Pilih paket pindah yang pas dikantong dan aman
Saya sendiri menggunakan paket pindah yang disediakan oleh PT Pos Indonesia, tarifnya cukup murah 5kg pertama dikenakan tarif 15.000 per kg dan kg selanjutnya dikenakan tarif 5.000 per kg nya, hitungannya per koli. Jadi misalnya 1 koli 50 kg maka (15.000 X 5) + (5.000 X 45) = 300.000 atau bila dirata rata --> 6.000 per kg nya, saran dari pak pos sih buat kolinya sebesar mungkin, karena hitungannya berat bukan volume.

Selain menyediakan jasa paket pindahan rumah, ada jasa pindahan menggunakan container 20 feet kapasitas maksimal kira kira 18 ton, cocok bila bapak ibu berniat membawa serta kasur, lemari dan mobil, kulkas, dan rumahnya sekalian :D untuk tarif paket yang ini saya kurang tau, untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi PT. Pos Indonesia di sekitar anda.

4. List Barang yang akan ditinggal pindahan

Barang berupa tanah, bangunan, jembatan dan jalan tidak bisa dibawa serta ketika anda pindahan jadi memang harus ditinggalkan :D oleh karena itu baiknya di list dan antisipasi beberapa tindakan pencegahan agar aset anda tetap aman walaupun anda tinggalkan. Untuk aset berupa tanah dan bangunan sertipikat adalah prioritas utama, silahkan disertipikat bila belum, setelah itu buat perjanjian dengan orang yang akan di berikan wewenang untuk menjaga aset tersebut... kalau perlu melalui notaris, karena anda tidak akan pernah mengira bilamana suatu saat aset anda menjadi begitu berharga "dibeli pertamina karena dibawahnya ternyata mengandung gas" dll

Aset sebaiknya dikuasakan, tidak perlu bawa kambing ke kota tujuan

Usaha anda di kota lama jangan dilupakan, setting agar usaha anda bisa tetap berjalan melalui jarak jauh dan jangan lupa secara bertahap pindahkan ke kota domisili baru anda.


5. Cek Saldo dan Buat Anggaran Pindah

Cek saldo keuangan anda apakah cukup atau tidak, bila tidak cukup maka segera ambil langkah antiipasi dengan meminjam dari keluarga, teman, bank, rentenir apapun tidak jadi masalah, karena punya uang atau tidak pada hari yang ditentukan anda sudah harus berkantor di kota yang baru sesuai isi dalam SK Mutasi Pindah :D nasib ... karena belum pernah saya dengar uang mutasi atau pesangon pindah dibayar dimuka.

6. List Teman / Cari Kenalan Baru / Menghubungi Kota Tujuan

Persiapan terakhir yang anda lakukan adalah mulai membuat daftar teman teman yang dapat diandalkan bila situasi memburuk, cari kenalan baru dari kantor tempat tujuan sebanyak mungkin, dan yang terakhir tentu saja memberikan kabar kepada kepala kantor di kota anda dipindahkan.

Teman dan sahabat adalah malaikat di saat terjepit

Teman yang bisa diandalkan gunanya selain untuk debitur darurat bisa juga membantu masalah transportasi dan kesana kemari menjelang kepindahan. Teman baru dari kantor baru sangat membantu dalam hal memberikan anda shelter untuk sementara waktu entah itu untuk tumpangan menginap, mencarikan kos, kontrakan bahkan bisa membantu mencarikan rumah untuk anda beli. Sedangkan menghubungi kepala kantor di tempat baru kadang sangat menguntungkan, banyak teman teman yang bahkan mendapat rumah dinas dan kendaraan dinas karena ternyata kepala kantornya sangat baik hati, untuk teman teman yang kepala kantornya cuek...yang sabar.

B. Hari H Mutasi Pindah

Karena anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, tentunya tidak akan ada masalah yang berarti, namun demikian ada beberapa hal yang patut dicermati :
  1. Kesiapan Fisik (jaga fisik anda)
  2. Fokus (jangan melakukan hal yang tidak perlu seperti mendengarkan lagu dengan hadseat, memangnya anda liburan...bersenang senang ada waktunya, awas dosir ilang, dompet melayang, surat penting terbang)
  3. Selalu ingat kembal jangan ada yang tertinggal ketika : meninggalkan ruang tunggu, keluar dari pesawat, masuk ke dalam bus, keluar dari bus, dst)
  4. Jangan lupa berdoa dan bersyukur ketika sampai di tempat tujuan.
  5. Cium tanah di tempat baru ---> yang ini tidak perlu
Jangan buru buru apa lagi lari, awas anaknya ketinggal di bandara

C. Tiba di Tempat Baru

Ketika anda tiba di kota tempat kerja yang baru, maka sebenarnya disinilah kesibukan pindahan sebenarnya dimulai :D selamat menempuh hidup baru :D

Selalu gunakan skala prioritas yang penting kita dahulukan, kira kira sebagai berikut :

1. Shelter

Tempat tinggal adalah yang utama, namun demikian karena keterbatasan saldo rekening terkadang kita tidak bisa serta merta membeli rumah, ngontrak, maupun indekos (klasik)  maka beberapa alternatif berikut bisa anda coba :
  1. Numpang di rumah Sanak Famili
  2. Numpang di rumah teman
  3. Numpang di rumah dinas / mess
  4. Menginap di kantor
Salah satu dari 4 pilihan tersebut bisa dilakukan siapa saja, masalahnya anda seorang pemalu atau tidak, kalau saya sendiri sih bukan tipe pemalu :D saya baru saja melakukannya.

Eits sewa rumah, indekos atau beli itung dulu keuangan

Waktu itu rumah keluarga terdekat saya adalah di Tuban, sedangkan saya harus bekerja di bojonegoro maka anak dan istri saya titipkan di Tuban selama kurang lebih 1 minggu sembari saya mencari tempat tinggal untuk mereka. Selama di Bojonegoro saya menginap di kantor, santai, cuek karena pada dasarnya saya sudah terbiasa traveling. Selama satu minggu itu saya keliling kota mencari tempat tinggal yang anti banjir, maklum kota bojonegoro kan terkenal karena Banjirnya itu ... setelah dapat, sekeluarga langsung saya boyong di tempat baru. 

2. Kendaraan

Bila anda menggunakan jasa pengiriman motor atau jasa pengiriman mobil untuk membawa serta kendaraan anda dari tempat lama menuju ke tempat baru, maka kendaraan tidak akan menjadi masalah, tapi bila itu tidak anda lakukan maka pilihan anda adalah sebagai berikut :
  1. Pinjam Kendaraan Teman
  2. Pinjam Motor / Mobil Dinas
  3. Beli kendaraan Cash
  4. Beli Kendaraan Kredit (yang ini butuh KTP domisili kota ybs, bila anda belum melakukan mutasi data kependudukan maka harus pinjam KTP teman --> tapi BPKB atas nama dia)
Prosedur balik nama kalau bpkb atas nama orang lain

3. Belanja Keperluan Rumah Tangga

Kasur, Kompor gas, Dispenser, Kulkas, AC dan segala macam keperluan rumah tangga (lumayan menguras kantong) saya tidak tau pasti urutan skala prioritas anda, yang pasti usahakan agar membeli yang penting lebih dahulu dan sisanya menyusul. Untuk kasus ini istri saya lebih tau banyak, karena keperluan rumah tangga adalah hak dan wewenang nya dan saya tidak memiliki previlage untuk ikut campur :D 

D. Masuk Kerja di Tempat Baru

Entah anda baru mutasi atau memang pegawai baru, maka prosesi masuk kerja di tempat baru kalau di sepak bola bisa diibaratkan 10 menit di babak pertama, penjajakan kawan, lawan, dan perkenalan. kenapa saya sebut ada penjajakan lawan? karena memang di dunia ini selalu saja ada orang yang entah memang begitu atau karena sebab tertentu dia terlahir natural menjengkelkan, tidak ramah, arogan, dan selalu membawa aroma permusuhan .... saya juga heran tapi manusia seperti ini selalu ada, tapi anda jangan terpengaruh tetap cool santai dan di iyain aja.... karena yang penting di saat pertama adalah menangkap kesan dari setiap orang yang anda jumpai. Mana orang baik--> dekati dan kawani .. sebisa mungkin bergaul dengan prasangka baik terhadap semua orang.

Hindari orang yang bertampang seperti gambar..... JAHAT

Itulah cerita panjang lebar tentang pindahan, semoga beranfaat untuk anda dan semoga suatu saat nanti bila saya dimutasikan kembali saya tidak lupa dengan apa yang pernah saya tulis ini, demikian terimakasih..... artikel ini belum diedit jadi mohon dimaklumi kalau masih semrawut.. selamat tidur.


Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.