Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara

Budiarto

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara - Provinsi Sulawesi Utara didirikan pada tanggal 23 September 1964 berdasarkan UU No. 13 tahun 1964, SULUT merupakan salah satu provinsi Indonesia di yang terletak di pulau Sulawesi lebih tepatnya di ujung utara pulau sulawesi.

Provinsi Sulawesi utara terkenal dengan tempat wisata menyelam, wisata alam dan pegunungan vulkanik. Salah satu destinasi wisata provinsi sulawesi utara adalah Taman Nasional Bunaken yang meliputi beberapa pulau yang habitat lautnya dilindungi karena merupakan rumah dari berbagai spesies ikan endemik dan terumbu karang.

Secara fisiografis, wilayah Provinsi Sulawesi Utara dapat dikelompokkan dalam dua zona yaitu zona selatan dan zona utara. Bagian selatan terdiri atas daerah dataran rendah dan dataran tinggi yang tanahnya sangat subur (wilayah Bolaang hingga Minahasa Utara). Sedangkan bagian utara merupakan daerah kepulauan (dari Pulau Miangas, Sangihe, hingga Pulau Siau).

logo provinsi sulawesi utara pada daftar kota di provinsi sulawesi utara

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara dan Profil Provinsi Sulawesi Utara

Jumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara


Pada tahun 2007 dalam masa kepemimpinan S.H. Sarundajang dan F.H. Sualang, wilayah administrasi pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara mengalami penambahan 4 kabupaten dan kota yakni Kota Kotamobagu berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2007, Kab. Minahasa Tenggara berdasarkan UU Nomor 9 Tahun 2007, Kab. Bolmong Utara (Bolaang Mongondow Utara) berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2007 dan Kab. Siau Tagulandang Biaro berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2007.

Pada tahun 2008 terdapat penambahan 2 kabupaten baru di provinsi Sulawesi Utara, yakni Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Bolmong Timur) berdasarkan UU Nomor 29 Tahun 2008 dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolmong Selatan) berdasarkan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2008 sehingga jumlah daerah otonom di Provinsi Sulawesi Utara menjadi 11 kabupaten dan 4 kota sebagai berikut :

Daftar Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara

No.Kabupaten/KotaPusat pemerintahanBupati/Wali Kota
1Kabupaten Bolaang MongondowLolakAdrianus Nixon Watung
2Kabupaten Bolaang Mongondow SelatanMolibaguHerson Mayulu
3Kabupaten Bolaang Mongondow TimurTutuyanSehan Salim Landjar
4Kabupaten Bolaang Mongondow UtaraBorokoDepri Pontoh
5Kabupaten Kepulauan SangiheTahunaHironimus Rompas Makagansa
6Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang BiaroOndong SiauToni Supit
7Kabupaten Kepulauan TalaudMelonguaneSri Wahyumi Maria Manalip
8Kabupaten MinahasaTondanoJantje Wowiling Sajouw
9Kabupaten Minahasa SelatanAmurangChristiany Eugenia Paruntu
10Kabupaten Minahasa TenggaraRatahanJames Sumendap
11Kabupaten Minahasa UtaraAirmadidiVonnie Anneke Panambunan

Daftar Kota di Provinsi Sulawesi Utara

No.Kabupaten/KotaPusat pemerintahanBupati/Wali Kota
1Kota BitungBitungMaximilian Jonas Lomban
2Kota KotamobaguKotamobaguTatong Bara
3Kota ManadoManadoVicky Lumentut
4Kota TomohonTomohonJimmy Feidie Eman
tempat wisata di daftar kabupaten dan kota di provinsi sulawesi utara

Dari uraian tersebut diperoleh gambaran bahwa Sulawesi Utara terkenal dengan kekayaan alamnya yang mempesona dengan adanya taman laut seperti Bunaken, daerah pertambangan emas, tanaman cengkih dan pala yang tumbuh subur, serta merupakan habitat fauna langka endemik seperti Anoa, Tarsius dll.

Demikian pembahasan tentang Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara, semoga yang sedikit ini bisa menambah wawasan anda, dan bukan tidak mungkin suatu saat nanti anda mengunjungi provinsi Sulawesi Utara dan Kota kabupatennya yang indah memukau.

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.