Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah

Budiarto

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah - Provinsi Sulawesi Tengah merupakan provinsi yang terletak di pusat pulau Sulawesi dengan Luas Wilayah 61.841,29 Km2dan ibukota pemerintahannya ada di kota Palu. Pada sensus penduduk tahun 2010 tercatat populasi provinsi Sulawesi Tengah adalah 2.633.420 jiwa, sedangkan perkiraan resmi terbaru jumlah penduduk provinsi Sulawesi Tengah saat ini adalah 2.839.290 Jiwa.

Batas batas wilayah provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut : Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo; Sebelah Timur berbatasan dengan provinsi Maluku dan Maluku Utara; Sebelah Selatan berbatasan dengan provinsi Sulawesi Selatan dan provinsi Sulawesi Tenggara; Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Makassar dan provinsi Sulawesi Barat.

gambar logo provinsi sulawesi Tengah pada daftar kabupaten di provinsi sulawesi Tengah

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah dan Profil Provinsi Sulawesi Tengah

Sebelum terbentuknya daerah otonom Sulawesi Tengah, kekuasaan pemerintahan masih dipegang oleh raja-raja yang tersebar di seluruh Sulawesi Tengah. Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah pada masa itu merupakan sebuah Pemerintahan Kerajaan, terdiri dari Tujuh Kerajaan di wilayah Timur dan Delapan Kerajaan di wilayah Barat, dan raja-raja ini mempunyai daerah dan kekuasaan sendiri-sendiri. Namun dengan adanya perkembangan sistem pemerintahan kerajaan dan hubungan perdagangan, maka kerajaan-kerajaan ini perlahan-lahan terpengaruh oleh kerajaan kerajaan besar seperti kerajaan Bone, Gowa, Luwu, Mandar dan Ternate. Bahkan pada akhir abad XIX kerajaan di Wilayah Sulawesi Tengah sudah ada yang menjalin hubungan dengan luar negeri seperti Portugis, Spanyol dan VOC.

Jumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah


Dengan perkembangan Sistem Pemerintahan dan tuntutan Masyarakat dalam era Reformasi yang menginginkan adanya pemekaran Wilayah menjadi Kabupaten, maka Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan melalui Undang-undang Nomor 11 tahun 2000 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 51 Tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Buol, Morowali dan Banggai Kepulauan.

Kemudian melalui Undang-undang Nomor 10 Tahun 2002 oleh Pemerintah Pusat dibentuk lagi Kabupaten baru di Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Parigi Moutong. Dengan demikian hingga saat ini berdasarkan pemekaran Wilayah Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah terdapat 12 kabupaten dan 1 kota sebagaimana dalam tabel daftar kabupaten dan kota di provinsi Sulawesi Tengah berikut :

Daftar Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah


No.Kabupaten/KotaPusat pemerintahanBupati/Wali Kota
1Kabupaten BanggaiLuwukHerwin Yatim
2Kabupaten Banggai KepulauanSalakanLania Laosa
3Kabupaten Banggai LautBanggaiWenny Bukamo
4Kabupaten BuolBuolAmirudin Rauf
5Kabupaten DonggalaBanawaKasman Lassa
6Kabupaten MorowaliBungkuAnwar Hafid
7Kabupaten Morowali UtaraKolonodaleAptripel Tumimomor
8Kabupaten Parigi MoutongParigiSamsurizal Tombolotutu
9Kabupaten PosoPosoDarmin A. Sigilipu
10Kabupaten SigiSigi BiromaruMoh. Irwan Lapata
11Kabupaten Tojo Una-UnaAmpanaMohammad Lahay
12Kabupaten TolitoliTolitoliMoh. Saleh Bantilan

Daftar Kota di Provinsi Sulawesi Tengah


No.Kabupaten/KotaPusat pemerintahanBupati/Wali Kota
1Kota PaluPaluHidayat

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah dan Profil Provinsi Sulawesi Tengah

Falsafah Hidup Masyarakat provinsi Sulawesi Tengah adalah Maliuntinuvu "selalu berusaha merajut kebersamaan dalam menetapkan kebutuhan hidup bermasyarakat", yang bagi masyarakat Poso dikenal dengan motto “Sintuvu Maroso"?

Demikian sedikit ulasan tentang Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Tengah untuk mengetahu lebih jauh kondisi saat ini di Sulawesi Tengah anda dapat mengunjungi situs resmi pemerintah provinsi Sulawesi Tengah di www.sultengprov.go.id

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.