Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Barat

Budiarto

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Barat - Provinsi Sulawesi Barat adalah provinsi ynag terletak di bagian barat pulau Sulawesi danIbu kotanya adalah Mamuju. Dari sensus penduduk pada tahun 2010 populasi penduduk provinsi Sulawesi Barat adalah sejumlah 1.158.651 jiwa dan estimasi resmi terbaru jumlahnya naik menjadi 1.284.620 jiwa. Luas wilayah provinsi Sulawesi Barat adalah 16,787 km².

Bertolak dari semangat "Allamungan Batu di Luyo" yang mengikat Mandar dalam perserikatan "Pitu Ba'bana Binanga dan Pitu Ulunna Salu" dalam sebuah muktamar yang melahirkan "Sipamandar" (saling memperkuat) untuk bekerja sama dalam membangun Mandar, namun Ide pembentukan Provinsi Mandar diubah menjadi rencana pembentukan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Tuntutan memisahkan diri dari Sulawesi Selatan sebagaiman diatas telah dimulai oleh masyarakat mandar sejak sebelum Indonesia merdeka (wilayah Eks Afdeling Mandar). Setelah era reformasi cita cita rakyat sulawesi barat akhirnya tercapai pada dengan disahkannya UU Nomor 22 Tahun 1999. Semua itu berkat perjuangan gigih dari masyarakat di tiga kabupaten, yakni Polewali Mamasa, Majene, dan Mamuju.

gambar logo provinsi sulawesi Barat pada daftar kabupaten di provinsi sulawesi Barat

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Barat

Daftar Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Barat dan Profil Provinsi Sulawesi Barat

Sejak tahun 2005, tiga kabupaten (Majene, Mamuju dan Polewali-Mamasa) resmi terpisah dari Propinsi Sulawesi Selatan dan menjadi otonomi membentuk Provinsi Sulawesi Barat dengan ibukota pemerintahan di kota Mamuju. Selanjutnya, Kabupaten Polewali-Mamasa juga dimekarkan menjadi dua kabupaten terpisah (Kabupaten Polewali dan Kabupaten Mamasa).

Jumlah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Barat


Pembentukan daerah kabupaten baru di wilayah sulawesi barat saat ini masih dalam proses, dan dalam perjalanannya masih sering diiringi permasalahan-permasalahan yang merupakan efek penyatuan pendapat yang belum memiliki titik temu. Kabupaten yang dimekarkan terakhir kali adalah Kabupaten Mamuju Tengah Mamuju Tengah sendiri merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Mamuju yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Yang dibentuk dengan Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 2013.

Sampai saat ini jumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Barat adalah 6 Kabupaten, dan proses pemekaran kabupaten yang lain sedang dimusyawarahkan baik itu di tingkat daerah maupun pusat, adapun ke 6 kabupaten di provinsi sulawesi barat adalah sebagaimana dicantumkan dalam tabel dibawah ini :

Daftar Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat


No.Kabupaten/KotaPusat pemerintahanBupati
1Kabupaten MajeneMajeneFahmi Massiara
2Kabupaten MamasaMamasaRamlan Badawi
3Kabupaten MamujuMamujuHabsi Wahid
4Kabupaten Mamuju TengahTobadakAras Tammauni
5Kabupaten Mamuju UtaraPasangkayuAgus Ambo Djiwa
6Kabupaten Polewali MandarPolewaliAndi Ibrahim Masdar

Demikian sedikit ulasan tentang daftar kabupaten dan kota di provinsi Sulawesi Barat, semoga yang sedikit ini dapat memberikan tambahan wawasan, bila ingin tahu lebih banyak terkait kabupaten di provinsi Sulawesi Barat anda dapat mengunjungi situs resminya di sulbarprov.go.id

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.