Budaya Indonesia Yang Hampir Punah

Budiarto

Budaya Indonesia kaya akan ragam, sudah semestinya rakyat Indonesia berbangga, namun ada budaya indoesia yang terancam punah dan harus dilindungi diantaranya

Budaya Indonesia


Pengertian budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya berasal dari bahasa sansekerta Buddayah bentuk jamak dari Buddhi yang berarti akal. Budaya berarti hal-hal terkait dengan akal dan pola pikir.

Ahli antropologi yang merumuskan tentang kebudayaan secara sistematis dan ilmiah adalah Taylor, ia menulis dalam bukunya yang berjudul “Primitive Culture” bahwa kebudayaan adalah keseluruhan hal kompleks terkait sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni., serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai sebagai bagian dari sebuah anggota masyarakat.

Terciptanya suatu kebudayaan dilatar belakangi oleh kegiatan nenek moyang kita pada zaman dahulu yang kemudian menjadi adat dan kebiasaan. Adat kebiasaan tersebut memiliki arti tersendiri bagi masing-masing daerah. Berbaurnya budaya asli Indonesia dengan budaya luar disebut asimilasi budaya. Dengan masuknya budaya asing ke Indonesia, gaya hidup masyarakat Indonesia pun berubah, yang pada awalnya masyarakat Indonesia hidup sebagai masyarakat tradisional, kini masyarakat Indonesia hidup sebagai masyarakat modern.

Masyarakat Indonesia yang mulai modern lambat laun telah melupakan budaya asli Indonesia karena dalam kehidupan sehari hari telah terbiasa menjalani hidup dengan gaya modern. Untuk itu sebagai generasi muda hendaknya menjunjung tinggi nilai budaya tradisional Indonesia. Berikut ini adalah Budaya Indonesia yang Hampir Punah ditelan Jaman :

Budaya Cium Tangan Pada Orang Tua

Saat akan meninggalkan rumah, generasi terdahulu selalu diajarkan untuk mencium tangan kedua orang tuanya, baik itu saat hendak bekerja maupun pergi ke sekolah budaya cium tangan sudah mulai ditinggalkan tergeser dengan budaya bye bye dan budaya cium jauh.

budaya indonesia

Budaya Penggunaan Tangan kanan

Penggunaan tangan kanan untuk berbagai hal dalam kegiatan sehari hari merupakan budaya bangsa indonesia, saat menulis menggunakan tangan kanan, saat makan menggunakan tangan kanan, saat meminta atau memberikan sesuatu menggunakan tangan kanan. Budaya penggunaan tangan kanan lambat laun mulai menghilang dikarenakan pemahaman orang tua akan paradigma yang baru, yang konon katanya otak kanan akan berkembang dengan pesat bila anggota badan bagian kiri sering digunakan dan terlatih. Akibatnya banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk menggunakan tangan kiri agar otak kanan dan otak kiri anaknya seimbang, sungguh disayangkan padahal banyak hal lain yang bisa dilakukan agar otak kanan berkembang.

budaya indonesia

Budaya Senyum Sapa Salam

Budaya yang satu ini mulai hilang karena kesibukan, banyak orang saat ini beranggapan bahwa menyapa seseorang yang dikenal saat berpapasan di jalan adalah buang buang waktu " masa bila ketemu tiap hari harus menyapa tiap hari juga" senyum sapa dan salam adalah sebuah bentuk keramahan dan cara agar silaturahmi senantiasa terjaga, banyak keuntungan yang didapat bila kita akrab dan ramah kepada setiap orang, hendaknya sebagai orang Indonesia kita dapat menjaga budaya sapa senyum dan salam.

Budaya Indonesia

Budaya Gotong Royong

Budaya ini sudah hilang sama sekali di kota besar, tidak ada lagi membangun mushola bersama sama, mendirikan rumah tetangga bersama sama, kerja bakti bersama sama, semua digantikan dengan iuran kemudian diakhiri dengan menyewa orang untuk melakukan pekerjaan umum seperti menggali selokan, membersihkan masjid, bahkan membuang sampah. Kadang budaya gotong royong bisa membangkitkan kedekatan dan perasaan sepenanggungan hendaknya dipikirkan cara agar budaya ini tetap terjaga, karena siapa lagi yang akan menjaga budaya Indoesia kalau bukan kita sendiri.

Budaya Indonesia

Demikianlah coret cemoret tentang budaya indonesia yang hampir punah, semoga pembaca tidak melupakan budaya luhur bangsa Indonesia, karena kita adalah orang Indonesia.

Produk Lainnya

Belajar Bisnis Oriflame

Mas Arto -

Website ini tidak ada sangkut paut dengan Kanjeng Gusti Sinuwun Sri Sultan Hamengkubuwono, hanya sebuah catatan acak tentang kekayaan negeri tercintaku Indonesia - Proud tobe an Indonesian.